Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku sebagai Khalifah di Bumi QS. Al Baqarah ayat 30

a. Identifikasi perilaku sebagai khalifah di bumi seperti yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 30

Dalam surat al Baqarah ayat 30 dijelaskan bahwa manusia ditunjuk oleh Allah swt, untuk menjadi khalifah (pemimpin) di bumi, meskipun penunjukan Allah tersebut mendapat protes dari para malaikat dengan menyebutkan beberapa sikap prilaku buruk manusia yang tak pantas disandang oleh seorang khalifah, sehingga terjadi dialog yang cukup seru antara Allah dengan para malaikat. Dari dialog inilah kita dapat mengidentifikasi beberapa sikap perilaku khalifah yang semestinya dimiliki oleh setiap manusia, diantaranya sebagai berikut :
1. Tidak berbuat kerusakan baik kerusakan fisik (membabat hutan secara ilegal dll) maupun kerusakan mental (menjerumuskan diri ke dalam dunia narkoba dll).
2. Tidak gemar membunuh atau menumpahkan darah orang lain. baik membunuh secara fisik seperti menghilangkan nyawa seseorang maupun membunuh secara mental dan kejiwaan seperti dengan cara menfitnah, mengadu domba, menganiaya dan sebagainya.
3. Gemar beribadah kepada Allah swt dan selalu berbuat kebaikan kepada sesama, sehingga kehidupan di muka bumi dapat berjalan dengan damai, adil dan sejahtera.

b. Menunjukkan perilaku sebgai khalifah di bumi seperti yang terkandung dalam surat al Baqarah ayat 30

Pemahaman dan penghayatan  terhadap ayat diatas, hendaknya kita dapat menampilkan sikap perilaku sebagai khalifah Allah di muka bumi dalam kehidupan sehari-hari. Diantara sikap perilaku sebagai khalifah Allah di muka bumi yaitu sebagai berikut :
1. senantiasa mengabdi dan berbakti kepada Allah swt dengan mentaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
2. Selalu berusaha memakmurkan bumi dan menjaganya dari hal-hal yang bisa merusak kehidupan penghuninya.
3. Selalu menjunjung tinggi perdamaian dan persaudaraan
4. Selalu berkeinginan untuk meraih kehidupan yang lebih maju dengan cara-cara yang baik dan benar.

c. Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai surah al Baqarah ayat 30

Setelah mempelajari isi kandungan ayat di atas, dan mengidentifikasi sikap perilaku khalifah yang harus dimiliki manusia hendaknya kita praktikkan sikap perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari. sebelum kita praktikkan, hundaknya terlebih dahulu kita praktikkan beberapa hal berikut ini :
1. Tanamkan keyakinan bahwa setiap manusia adalah khalifah atau pemimpin, baik bagi diri, keluarga, masyarakat maupun alam lingkungannya, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Allah swt.
2. Tanamkan keyakinan bahwa kelangsungan dan kelestarian hidup di muka bumi, sangat bergantung kepada sikap perilaku manusia sebagai khalifahnya.
3. Mulailah mempraktikkan sikap perilaku khalifah di muka bumi, dari hal-hal yang paling mudah dan selalu berusaha untuk meningkatkannya, sehingga kelak kita menjadi seorang khalifah yang baik dan benar di hadapan Allah swt.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Perilaku sebagai Khalifah di Bumi QS. Al Baqarah ayat 30"

close