07 May, 2014

Pengertian Perilaku Husnuzan

Husnuzan artinya berprasangka baik, berpikiran positif, berpandangan mulia terhadap sesuatu yang ada di hadapannya. Maksudnya,berperasangka baik dan selalu berpikiran positif terhadap sesuatu yang menimpa dirinya, meskipun sesuatu itu dangat membebaninya.

Orang yang memiliki sikap perilaku Husnuzan tidak mudah menuduh orang lain apalagi melempar kesalah kepada orang lain dengan maksud menutupi kelemahan dan kekurangan dirinya sendiri. Sebaliknya, jika ada sesuatu menimpa dirinya, ia segera melakukan koreksi terhadap dirinya sendiri, dan rela mengakui kesalahan yang telah dilakukannya. Sehingga hidupnya tidak pernah memiliki musuh dan terhindar dari sikap putus asa. Kebalikan sikap ini adalah Su'uzan atau berperasangka buruk.

Perilaku baik atau Husnuzan dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Husnuza terhadap Allah swt
2. Husnuzan terhadap diri sendiri
3. Husnuzan terhadap sesama manusia

1. Perilaku Husnuzan terhadap Allah swt

Perilaku  Husnuza terhadap Allah swt artinya berprasangka baik kepada apapun yang Allah berikan kepada kita. Semua nikmat yang kita terima dari Allah harus disikapi dengan baik sangka. sehingga kita rela dan ikhlas menerima nikmat-Nya tersebut. Jika kita selalu berperasangka baik kepada Allah swt niscaya kita akan selalu mersa bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita, dan kita yakin bahwa itu adalah yang terbaik bagi kita menurut Allah sebab, yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah swt.

2. Perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri

Perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri artinya berprasangka baik terhadap kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Dengan kata lain, senantiasa percaya diri dan tidak merasa rendah di kalangan orang lain. Orang yang memiliki sikap perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri, niscaya selalu memiliki semangt tinggi untuk meraih sukses dalam setiap langkahnya. Sebab, ia telah mengenali dengan baik kemampuan yang dimilikinya, sekaligus memahami kelemahan yang ada. Sehingga ia dapat mengetahui, kapan harus maju dan tampil kedepan dan kapan harus menahan diri karena merasa tidak memiliki kemampuan di bidang itu.

3. Perilaku Husnuzan terhadap sesama manusia

Perilaku Husnuzan terhadap sesama manusia artinya berprasangka baik terhadap semua orang dan tidak meragukan kemampuan atau bersikap apriori. Semua orang dipandang baik, sebelum terbukti kesalahan atau kekeliruannya, sehingga tidak menimbulkan kekacauan dalam pergaulan. Orang yang memiliki sikap perilaku husnuzan terhadap sesama manusia, hidupnya akan memiliki banyak teman, disukai semua kawan dan disegani lawan.

Husnuzan terhadap sesama juga merupakan kunci sukses dalam pergaulan, baik pergaulan di sekolah, di tempat bermain, di rumah maupun di tempat bekerja. sebab tidak akan ada pergaulan yang rukun dan harmonis tanpa ada prasangka baik antar satu individu dengan individu lainnya.

Misalnya, ketika kamu mendapat nilai buruk pada suatu mata pelajaran, kamu tidak menuduh pak Guru yang mengajar mata pelajaran itu telah berbuat curang atau menuduh teman kamu yang merasa tidak senang dengan prestasimu yang bagus. Sebaliknya kamu memiliki pikiran yang positif bahwa bapak guru mata pelajaran itu telah melakukan tugasnya dengan baik, hanya saja ada kekurangan atau kelemahan dalam diri kamu pada waktu itu, sehingga kamu gagal mendapatkan nilai yang sempurna. Namun demikian kamu tidak berputus asa, melainkan semakin bersemangat untuk belajar lebih giat dan tekun, agar kegagalan pada saat ini dapat terganti di masa yang akan datang.


Selamat membaca

Creatif By : Imam Fahrudin | ulumulislam.blogspot.com

Terimah Kasih telah membaca artikel Pengertian Perilaku Husnuzan. Yang ditulis oleh Imam Fahrudin .Pada hari 07 May, 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di komentar, Trimakasih

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Pengetahuan Agama Islam - Posts · Comments
Blog dibuat oleh Imam fahrudin · Didukung oleh Blogger