Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Rabiul Akhir

Rabiul Akhir merupakan suatu bulan yang dimana bulan tersebut jatuh pada setelah bulan Rabiul Akhir yang merupakan kalender Islam. Kemudian bulan Rabiul sebenarnya ada dua yaitu Rabiul Awal dan Rabiul Akhir. Jika dikaitkan dengan Rabiul Akhir mempunyai arti musim bunga yang terahir atau sebagai yang menandakan musim mekar-mekarnya bunga pada tumbuhan yang akhir.

Berikut ini beberapa peristiwa yang terjadi pada bulan Rabiul Akhir, yang membuat bulan ini mempunyai makna tersendiri :
  • Adanya peperangan yang terjadi dibulan Rabiul Akhir di antaranya yaitu, Peperangan Najran, Pegusiran Kaum Yahudi Bani Nadir, Peperangan Al-Ghabah / Zi-Qarad dan Peperangan Al-Ghamar.
  • Kemudian pada Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq r.a terjadi pengempungan Damsyik yang diketuai oleh Abu Ubaidah bin Al Jarrah dan kemudian Khalid bin Walid yang dilakukan selama 70 hari pada tahun 14 H.
  • Dibulan ini juga bertempatan dengan meninggalnya Khalifah Abu Bakar As-siddiq r.a dan meninggalnya Umar bin khattab r.a yang merupakan khalifah yang kedua.
  • Peperangan Jamal, yaitu dimana peperangan Sayidina Aisyah r.a yang terherat dalam kancah peperangan yang menetang pemerintahan Khalifah Ali bin Abi Tholib r.a.
  • Adanya percobaan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan batu, yang dilakukan oleh Bani Nadsir. Disaat itu pula Rasulullah mengusir mereka yang telah menghianati perjanjian yang disepakati, ini terjadi pada tahun 3 Hijriah.
Demikian peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan Rabiul Akhir pada masa Rasulullah SAW dan para sahabat. Disini agar kita tahu bahwa banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Akhir. Sehingga kita sebagai umat islam juga turut memperingati bulan Rabiul Akhir ini, dengan cara memeperbanyak ibadah.

Posting Komentar untuk "Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Rabiul Akhir"

close