Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Tentang Istilah - Istilah dalam Ilmu Hadits

Dalam agama islam, Hadits merupakan sumber hukum yang kedua setelah Al Quran. Maka menjadi sangat penting mempelajari dan memahami serta menghafalkan hadits itu sendiri. Salah satu cara mempelajari hadits yaitu dengan mengetahui dan memahami istilah - istilah dalam ilmu hadits.

Kali ini kita akan belajar memahami istilah - istilah dalam ilmu hadits. Mari kita simak dibawah ini :

1. Al Hadits : Segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa ucapan, perbuatan, ikrar (pengakuan) maupun sifat serta cita- cita.

2. Al Khabar : Menurut pendapat yang shahih Al Khabar itu sama dengan Al Hadits atau bisa dikatakan bahwa Al Khabar sama dengan Al Hadits. Sedangkan ada pendapat lain mengatakan Al Kabar dengan Al Hadits itu berbeda. Al Khabar lebih luas dari Al Hadits karena Al Hadits hanya yang berasal dari Nabi Muhammad SAW sedangkan Al Khabar bisa datang dari yang selainnya. 

3. Al Atsar : Menurut pendapat yang Autentik Al Atsar itu sinonim dari Al hadits. Tetapi ada yang mengatakan bahwa Al Atsar itu adalah hadits mauquf yaitu apa saja yang datang dari para sahabat Nabi Muhammad SAW.

4. As Sunnah : Menurut salah seorang Ulama' As Sunnah itu sama (sinonim) dengan Al Hadits. Namun ada perbedaan pendapat yang mengatakan bahwa Al Hadits hanya terbatas pada ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW, sedangkan As Sunnah lebih luas karena mencakup perkataan, perbuatan, pengakuan serta sifat Nabi Muhammad SAW.

5. Al Matan : Pembicaraan (kalam) atau materi berita yang diover oleh sanad yang terakhir.

6. As Sanad : Jalan yang dapat menghubungkan pada matan hadits.

7. Al Isnad : Usaha seseorang ahli hadits dalam menerangkan sebuah hadits yang diikutinya dengan penjelasan kepada siapa hadits itu disandarkan. Ada yang mengatakan bahwa Al Isnad adalah sama dengan As Sanad.

8. Al Musnid : Orang yang meriwayatkan hadits dengan menyebutkan sanadnya.

9. Al Musnad : Sebutan untuk kitab kumpulan hadits yang diriwayatkan oleh seorang sahabat atau lebih, seperti musnad Imam Ahmad ibnu Hambal. Kadang - kadang juga musnad disamakan dengan sanad dan dipakai pula sebagai nama suatu macam hadits.

10. Al Muhaddits : Orang yang hafal banyak hadits dan mengetahui keadilan (sisi positif) dan kelemahan (sisi negatif) para perawi.

11. Al Hafizh : Orang yang hafal 100.000 hadits dengan sanadnya

12. Al Hujjah : Orang yang hafal 300.000 hadits dengan sanadnya

13. Al Hakim : Orang yang mengusasai seluruh sunnah (hadits) Nabi Muhammad SAW.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Tentang Istilah - Istilah dalam Ilmu Hadits"

close