26 May, 2014

Shalat Istikharah

Shalat istikharah ialah shalat sunnat dua rakaat untuk memohon kepada Allah swt ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat ditetntukan baik buruknya. yakni apabila seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan suatu maksud, sedang ia ragu-ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilakukan terus atau tidak. Maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak, disunnatkan shalat istikharah dua rakaat.

shalat istikharah dan shalat hajat waktunya lebih utama jika dikerjakan seperti shalat tahajjud yakni malam hari, dan dikerjakan seperti shalat biasa, sesudah selesai shalat dengan sempurna kemudian terus berdo'a dengan do'a istikharah dan sesudah berdo'a hendaklah memilih dalam hati mana yang cenderung hati antara dua hal itu.

Lafadz niatnya ialah sebagai berikut :


اُصَلىِّ سُنَّةً الاِِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالىَ. الله اكبر  

Artinya : Aku niat shalat istikharah dua rakaat karena Allah swt. Allahu Akbar.

Doa istikharah yaitu :
اَللهُـــمَّ اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسِئَلُكَ مِنْ َفْضِلكَ العَظِيْمْ فاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلا اَقْدِرُ وَتَعَلَّمُ وَلا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلامُ الغُيُوْبِــــ. اللهـُـّـَم اِنْ َكَنتْ تَعَلَمُ هذا الامْرِ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةُ اَمِرى فَاقْدِرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ ِلى فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اِنَّ هَذاَ شَرُّلِى فِى دِينى وَمَعَــأشِى وَعـَــاقِبَةُ اَمْرِى فَاْصرِفْهُ عَنِّى فَاصْرِفْنِى عَنْهُ وَاقدِرْلَي الخيرَ حَيْثُ كَانَ ثم اَرْضِنِى بِـــهِ

Artinya : "Ya Allah, hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon ya Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang maha besar dan agung. Karena sesungguhnya tuhan yang berkuasa, sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dalam agama hamba dan dalam penghidupan hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini kepada hamba dan mudahkan lah ia bagi hamba, kemudian berilah keberkahan bagi hamba di dalamnya. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba, bagi agama hamba, dan penghidupan hamba, dan tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah hal ini dari pada hamba, dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah, kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela atas anugerah-Mu".

Keterangan :

Waktu shalat Menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut diatas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu.
Sesudah berdoa mintakanlah apa-apa yang baik dilaksanakan menurut cita-cita dan maksud kita itu. Apa yang mendatang yang kuat dalam hati dan mantap hati kita itulah kita laksanakan dan yang baik kita perbuat.

Wallahu a'lam bisshowab

Creatif By : Imam Fahrudin | ulumulislam.blogspot.com

Terimah Kasih telah membaca artikel Shalat Istikharah. Yang ditulis oleh Imam Fahrudin .Pada hari 26 May, 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di komentar, Trimakasih

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Pengetahuan Agama Islam - Posts · Comments
Blog dibuat oleh Imam fahrudin · Didukung oleh Blogger