24 May, 2014

Shalat Tahajjud

Shalat tahajjud ialah shalat sunnat yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah shalat isya' sampai terbit fajar. Shalat di waktu malam hanya dapat disebut dengan shalat tahajjud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajjud, tetapi shalat sunnah biasa saja seperti shalat witir dan sebagainya.

Kalau sudah diketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya' sampai waktu subuh, sedang sepanjang malam ini ada waktu atau saat-saat yang utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22, ini saat utama.
b. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira dari jam 22 sampai dengan jam 1, ini saat yang paling utama
c. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira jam 1 sampai dengan masuknya waktu shubuh, ini adalah saat yang paling utama.

Menurut Hadits rasulullah saw yang berbunyi :


يَنْزِلُ رَبُّنَا اِلىَ السَّمـَــاءِ الدُّنْيَا حيِنْ َيبَقْىَ ثُلُثُ الَّيْلَـــِ الاَخِيْرِ فَيَقُوْلُـــ  : هَلْ مِنْ دَاعِ فَاسْتَجِيْبُ لَهُ. هَلْ مِنْ سَائِلٍ فَاَعْطِيَهُ. هَلْ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأغْفِرُ لَهُ. حَتَّى يَطْلُعَ اْلفَجْرِ


Artinya : Perintah Allah swt turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga terakhir dari wktu malam, lalu berseru : Adakah orang orang yang memohon (berdo'a) pasti akan aku kabulkan. adakah orang yang meminta pasti akan ku bei dan adakah yang mengharap atau memohon ampunan, pasti akan ku ampuni gabinya. sampai tiba waktu subuh.

Lafadh niat shalat tahajjud adalah sebagi berikut : 


اُصَلىِّ سُنَّةً التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالىَ. الله اكبر

Artinya : Aku niat shalat tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala. Allahu akbar.


Fadlilah atau keistimewaan shalat tahajjud adalah :

Shalat tahajjud yakni shalat malam itu sanagt dianjurkan sebagaimana firman Allah swt sebagai berikut :


وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةَ لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَثَكَ رَبَّكَ مَقَامـًــا مَحْمُوْدًا

Artinya :"Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud, sebagai shalat sunnat untukmu, mudah-mudahan Allah akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik".(QS. Al Isra' : 79).


Doa shalat Tahajjud :

Do'a-do'a yang dibaca di waktu melakukan sembahyang tahajjud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat-ayat al qur'an atau hadits. Dari al Qur'an seperti :

رَبَّنـَـا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذاَبَ النَّـــارِ

Artinya : Ya Allah tuhan kami,  berilah kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akherat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka.

Dalam hadits Bukhari dinyatakan bahwa rasulullah saw jika bangun dari tidur di tengah malam, terus bertahajjud dan membaca do'a sebagai berikut :

اللهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالارْضِ وّمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ اْلحَمْدُ لَكَ مُلكُ السَّمَوَاتِ وَالارْضِِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ اْلحَمْدَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَالارْضِ. وِلكً الحَمْدُ انت الحقُّ وَوَعْدُكَ الحَقٌّ وَلِقَـــاءَكَ حَقٌّ وَقولك حقٌّ والجنةَُ وَانـَّــارُ حَقٌّ وَالنبيُوْنَ حَقٌّ. وَمُحَمَّدٌ صلى الله علـــــيـه وسلـــم حقٌّ. وَالســـاعةُ حَقٌّ. اللهم لك اسلمتً, وَبِكَ اَمَنْتُ, وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْــكَ انبتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ, وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فاغفرلي مـــَا قَدَّمْتُ وَمَـــا اخرت وما اسررتُ, وَمَـــا اعلنتُ اَنَتَ المَقَدِّمُ وَاَنْتَ اْلُمَؤَخِّرُ لاالهَ الا انتَ اَوٍلا اِلَهَ غَيْرُكَ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلا بِاللهِ

Artinya : "Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, pemencar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji engkaulah yang hak, dan janjimu adalah benar dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mua adalah benar dan surga adalah hak, dan neraka dalah hak, dan Nabi-nbai itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri bertawakkal kepada Engkau, jualah kami kembali, dan kepada-Mu kami rindu, dan kepada kamulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan, dan yang kami nyatakan, Engkaulah Tuhan yang terdahulu, dan Tuahn yang terakhir. Tiada Tuahn melainkan Engkau Allah Rabbul 'Alamiin. Tidak ada daya kekuatan, melainkan dengan Allh swt".

Sesudah membaca do'a itu perbanyaklah membaca istighfar, adapun istighfar yang biasa adalah :

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْـِــمِ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ
 
Artinya : Kami memohon ampunan kepada Allah yang maha agung dan kamipun bertaubat kepada-Nya. 

Adapun istighfar yang lebih lengkap lagi yang juga dari Rasulullah saw ialah :


اللهُمَّ اَنَْتَ رَبِّىَ لااِلَهَ اِلا اَنْتَ خَلَقْتَنِى وَاَنَا عَبْدِكَ وَاَنَا عَلىَ عَهْدِكَ وَوَعْدُكَ مَــــاسْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ اَبُوْءُلكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبْوُء بِذَنْبِى فَاغِفرْلَِى فَاِنَّهُ لايَغْفِرَ الذُّنُوْبَ اِلا اَنْتَ

Artinya :"Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau. Engkaulah dzat yang menjadikan kami, dan kami adalah hamba-Mu, dan kamipun dalam ketentuan-Mu, serta janji-Mu sedapat kami lakukan. Kami mohon perlindungan-Mu dari kejahatan apa saja yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang Engkau limpahkan kepada kami dan kami jua mengakui akan dosa kami, karena itu berilah ampunan kepada kami sebab sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau sendiri".

Setelah selesai membaca do'a tersebut, lalu pergilah berbaring tidur kembali, sambil membaca ayat kursi, kemudian surat al Ikhlas, al Falaq dan an Nas.

Semoga bermanfaat

Creatif By : Imam Fahrudin | ulumulislam.blogspot.com

Terimah Kasih telah membaca artikel Shalat Tahajjud. Yang ditulis oleh Imam Fahrudin .Pada hari 24 May, 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di komentar, Trimakasih

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Pengetahuan Agama Islam - Posts · Comments
Blog dibuat oleh Imam fahrudin · Didukung oleh Blogger